PUSAT STUDI

Adanya pusat-pusat studi itu dimaksudkan agar dalam pengembangan penelitian terdapat kerja sama kelembagaan dan kekhasan berdasarkan fungsinya. Fungsi pusat studi pada hakikatnya adalah sebagai wadah yang tidak hanya menampung berbagai kegiatan penelitian dan pengkajian dosen dari berbagai bidang ilmu, program studi di lingkungan STIE AKA Semarang, melainkan juga sebagai ujung tombak keberadaan dan peran STIE AKA Semarang terutama dalam hubungannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian.

Secara keseluruhan Pusat Studi yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AKA Semarang yang dikoordinasi oleh P3M adalah sebagai berikut:

  1. Pusat Studi Ekonomi dan Industri Skala Kecil
  2. Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  3. Pusat Studi Ekonomi Dinamika Komunikasi
  4. Pusat Studi Ekonomi Manajemen Koperasi dan UKM
  5. Pusat Studi Ekonomi Pengembangan Kewirausahaan dan Produktivitas Nasional

FUNGSI

  1. Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang Perekonomian melalui pendidikan dan pelatihan secara profesional.
  2. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian dalam rangka studi kewirausahaan dan ekonomi kreatif.
  3. Memberikan jasa konsultasi dalam menciptakan sikap kreatif untuk menunjang perekonomian masyarakat
  4. Menfasilitasi kegiatan pertemuan ilmiah seperti Seminar, Lokakarya, Konferensi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kewirausahaan dan ekonomi kreatif.
  5. Mendukung program pemerintah dalam meningkatkan dunia usaha.
  6. Menciptakan jaringan kerjasama dan hubungan yang harmonis dan sinergis dengan pihak pemerintah, pemerintah daerah, LSM, dan masyarkat dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan melalui peningkatan dunia usaha.