GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASIONAL MEMODERASI PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU

STUDI PADA SMA NEGERI RAYON 1 KOTA SEMARANG

  • Hidayah , Faozi
  • Basiya , R.
Keywords: Self-efficacy, gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasional, dan kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh self-efficacy, gaya kepemimpinan transformasional, dan budaya organisasional terhadap kinerja guru, serta menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasional sebagai variabel yang memoderasi pengaruh self-efficacy terhadap kinerja guru.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri di rayon 1 Kota Semarang yang berjumlah 284 orang, dan jumlah sampel sebanyak 166 guru yang di hitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria guru yang sudah bekerja lebih dari satu tahun. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan variabel moderasi.

Hasil penelitian ini adalah self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, budaya organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan gaya kepemimpinan transformasional memoderasi pengaruh self-efficacy terhadap kinerja guru, serta budaya organisasional tidak memoderasi pengaruh self-efficacy terhadap kinerja guru.

Published
2018-01-18
Section
Articles