PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SURIYAH CABANG SEMARANG

  • Isnanto , Arif
  • Hariyanto , Agus
Keywords: Profitabilitas, bagi hasil, financing to deposit ratio (FDR), non performing financing (NPF)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Bagi Hasil, Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas (ROA).Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bulanan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Cabang Semarang. Dan sampel penelitian ini diambil dari laporan keuangan bulanan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Cabang Semarang selama 3 (tiga) tahun dari tahun 2013 – 2015 sehingga menghasilkan sampel sebanyak 36 data.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-satistik untuk menguji koefisien regresi persial serta menguji pengaruh secara bersama – sama dengan uji f-statistik dengan tingkat sig 0,05 atau 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.

Hasil analisis menunjukan bahwa variabel Financing to Deposit Ratio (NPF) berpengaruh terhadap profitabilitas selama periode 2013 – 2015 hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,008 kurang dari 5% atau 0,05, sementara variabel Bagi Hasil dan Non Performing Financing (NPF) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikan masing – masing sebesar 0,472 untuk Bagi Hasil dan 0,226 untuk NPF dimana nilai tersebut lebih besar dari level signifikan sebesar 0,05 atau 5%. Pengaruh dari ketiga variabel independen terhadap variabel dependen (ROA) sebesar 19,8% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya adjusted R square, sedangkan sisanya 80,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Published
2018-01-18
Section
Articles