Selasa, 25 September 2018, WIB

Kamis, 30 Agu 2018, 09:36:59 WIB, 187 View Anis Turmudhi, Kategori : Kelembagaan

Kualitas perguruan tinggi, salah satunya ditentukan oleh manajemen mutu dalam pelaksanaannya. Termasuk lolos sertifikat ISO 9001:2015 yang berstandart internasional. "Sertifikat ISO 9001:2015 yang kami keluarkan mendapat pengakuandari The United Kingdom Accreditation Service (UKAS), Badan Akreditasi Pemerintah Inggris. Sehingga berstandar internasional dan diakui dunia." Kata Meriance, dari badan sertifikasi Unified Registration System (URS).

Dia mengatakan hal itu dalam Opening Meeting Audit Eksternal ISO 9001:2015 yang dilakukan di kampus STIE AKA Semarang. Menurutnya dengan menjalankan ISO ini Sekolah Tinggi dan Perguruan Tinggi akan menerapkan budaya kerja yang baik dan berstandar internasional. Apalagi sertifikasi ini dilakukan audit setiap tahun. Praktis akan siap dalam menghadapi penialaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang empat tahun sekali.

Sementara itu, Ketua STIE AKA Semarang, Prof. Dr. Y. Sutomo, MM mengatakan, "pihaknya telah melakukan ISO 9001:2015 sejak Juli 2018. Hal ini penting dilakukan untuk perguruan tinggi (PT) untuk menjaga supaya proses di dalam PT bisa terjaga terus menerus dan menjadi baik, sehingga bisa memberi layanan pendidikan yang baik bagi mahasiswa. Sedangkan kesiapan audit juga sudah dilakukan termasuk dokumen-dokumen."

Terapannya memperhatikan konteks organisasi, isu eksternal dan internal dan mampu memanajemen dengan baik agar terhindar dari resiko. Sebelumnya juga telah dilakukan opening meeting internal audit.

"Capaian manajemen mutu ini menurutnya, akan membawa pada dampak yang baik bagi kemajuan dan berstandar internasional, sehingga bisa memberi layanan pendidikan", jelasnya. 





Tuliskan Komentar