Selasa, 25 September 2018, WIB

Kamis, 30 Agu 2018, 10:42:22 WIB, 148 View Anis Turmudhi, Kategori : Kerjasama

Perguruan Tinggi (PT) dan Dunia Usaha memiliki mata rantai yang strategis untuk mendidik mahasiswa. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang, dengan menggandeng Balai Pengembangan Produk Tekstil dan Alas Kaki (BPPTAK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Propinsi Jawa Tengah untuk memfasilitasi pelatihan kerja bagi mahasiswanya.

Penandatanganan MoU kedua belah pihak, telah dilakukan oleh Ketua STIE AKA Semarang, Prof. Dr. Y. Sutomo, MM dan Kepala BPPTAK Sigit Adi Brata, SE, MM. Kerjasama ini menurut Prof Tomo adalah terkait pelatihan kerja sebelum mahasiswa ditempatkan bekerja disejumlah perusahaan. Hadir juga Wakil Ketua I, Dr. Heru Yulianto, SE, MM; Wakil Ketua II Sudarman, SE, MM, Akt, CA, CPA, serta Kabag Humas Anis Turmudhi, S.Pd, M.Si.

BPPTAK berperan sebagai fasilitator pelatihan agar mahasiswa siap kerja, sebelum ditempatkan disejumlah perusahaan. "Mahasiswa baru dilatih di BPPTAK, karena ditempat ini didesain persis seperti perusahaan, dilengkapi dengan alat-alat seperti yang ada di perusahaan", jelasnya.

Kerjasama ini telah dilakukan dengan mengirim ratusan mahasiswa baru secara bertahap dalam program pelatihan kerja. Termasuk yang te3lah, sedang dan akan dilakukan bagi mahasiswa baru tahun 2018/2019. Menurutnya setelah mengikuti pelatihan mereka akan ditempatkan untuk bekerja disejumlah perusahaan yang telah bekerjasama dengan STIE AKA Semarang. Program ini terkait dengan Kelas Peduli Kuliah untuk Program Studi S-1 Manajemen dan S-1 Akuntansi.

Kelas Peduli Kuliah memfasilitasi lulusan SMA, SMK, MA dan Kejar Paket C dari keluarga kurang mampu atau calon mahasiswa yang ingin mandiri membiayai kuliah sendiri. Setelah dilatih bekerja, mereka otomatis akan bekerja, kemudian dari pendapatan mereka bisa disisihkan untuk biaya kuliah dan bisa hidup secara mandiri.





Tuliskan Komentar