Selasa, 23 Oktober 2018, WIB

Minggu, 16 Sep 2018, 14:04:26 WIB, 243 View Anis Turmudhi, Kategori : Kerjasama

Sinergitas antara perguruan tinggi dan dunia usaha serta pemerintah sangat dibutuhkan. Pasalnya akan terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Hal ini juga yang telah dan akan terus dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang.

Menurut Ketua STIE AKA Semarang, Prof. Dr. Y. Sutomo, MM, terkait dengan kerjasama dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. TErmasuk juga dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dalam hal ini mahasiswa dan penyerapan tenaga kerja.

"Kondisi inilah yang mendorong kami untuk melakukan kesepakatan bersama atau MoU (Memorandum of Understanding), dengan Balai Pengembangan Produk Tekstil dan Alas Kaki (BPPTAK) Disperindag Jateng, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Demak".

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua STIE AKA Semarang Prof. Dr. Y. Sutomo, MM, dengan Kepala BPPTAK Disperindag Jateng Sigit Adi Brata, SE, MM yang diwakili oleh Pramana Yoga, S.Sos dan Ketua APINDO Kabupaten Demak M. Ilyas, SH, MH, bertempat di kampus Jalan Citarum baru-baru ini.

Pihak pertama dalam hal ini STIE AKA Semarang menyiapkan mahasiswanya sebagai calon tenaga kerja yang siap dilatih dan ditempatkan kerja di BPPTAK Disperindag Jateng. Selanjutnya mahasiswa yang telah dilatih bekerja dan siap menjadi karyawan akan ditempatkan kerja disejumlah perusahaan yang menjadi anggota APINDO wilayah Kabupaten Demak.

Menurut Prof Sutomo, selama ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan di Kota Semarang dan sekitarnya. Hal ini terkait dengan Kelas Peduli Kuliah. Dimana kelas ini yang membuka program studi S-1 Akuntansi dan S-1 Manajemen, membuka peluang bagi lulusann SMA sederajat dari keluarga kurang mampu, namun ingin melanjutkan kuliah.

"Calon mahasiswa ini dilatih bekerja di BPPTAK Disperindag Jateng, yang berperan sebagai fasilitator pelatihan", jelasnya. "Setelah bekerja, maka mahasiswa otomatis akan mendapat gaji. Dari sinilah menurutnya, mereka akan bisa menyisihkan biaya untuk kuliah di STIE AKA. Sehingga setelah lulus pun mereka tak perlu cari kerjaan, justru akan meningkatkan posisi atau kedudukannya di perusahaan yang bersangkutan.





Tuliskan Komentar