Senin, 17 Desember 2018, WIB

Selasa, 29 Agu 2017, 15:05:22 WIB, 383 View , Kategori : Kerjasama

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang membangun desa binaan di Kabupaten Boyolali, tepatnya Dese Cerme, Kecamatan Juwangi. Mengembangkan desa binaan diyakini sebagai pilihan tepat dan strategis, baik untuk kepentingan STIE AKAmaupun kepentingan pembangunan.

Program desa binaan diharapkan memberikan dampak positif, yaitu membina sumber daya manusia perdesaan dengan pendekatan pendidikan. Menurut Ketua STIE AKA Prof Dr Y Sutomo, desa merupakan inti dalam menopang keutuhan dan kemajuan bangsa. Karena itu, masyarakat perdesaan harus diberdayakan sesuai kondisi dan potensinya.

Desa binaan ini, salah satunya, sebagai lokasi pilot project penerapan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi andalan STIE AKA. ”Desa merupakan tempat tinggal sebagian besar penduduk Indonesia. Sebanyak kurang lebih 80% penduduk Indonesia hidup di perdesaan.

Karena itu, membangun desa sama dengan membangun bangsa,” tegas Sutomo. Menurut dia, program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk desa binaan ini akan meningkatkan kapasitas masyarakat desa, sekaligus mempercepat mencapai tujuan pembangunan nasional.

Kepala Desa Cerme, Supiah, mengucapkan terima kasih kepada STIE AKAyang terjun langsung di tengah masyarakat. ”Penetapan desa kami sebagai desa binaan ini sangat penting dan strategis bagi upaya untuk mendorong percepatan kemajuan desa melalui peran perguruan tinggi,” kata Supiah.





Tuliskan Komentar