Senin, 23 September 2019, WIB

Kamis, 14 Feb 2019, 11:38:55 WIB, 214 View Anis Turmudhi, Kategori : Kerjasama

Dosen juga punya peran dukungan bagi guru. Diantaranya lewat pengabdian kepada masyarakat untuk Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK se-Kabupaten Pati, yang dilakukan oleh dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang.

            Dalam kesempatan ini Ketua STIE AKA Semarang Prof. Dr. Y. Sutomo, MM mengatakan, guru harus terus meningkatkan kualitas dan kinerjanya dalam mengajar. Tak terkecuali bagi guru Bimbingan Konseling (BK) yang punya andil besar dalam menuntun dan membimbing siswanya untuk meraih masa depan. "Termasuk juga memberi konseling tentang minat dan bakat agar bisa terarah," jelasnya, dalam memberi arahan bertemakan kiat sukses lulusan SMK.

            Menurutnya, saat menyelesaikan pendidikan SMK, lulusan bisa menjadu wirausahawan, bekerja, bahkan kerja sambil kuliah, bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu. "Intinya sesuai minat dan bakat siswa," jelasnya yang didampingi Kepala Humas Anis Turmudhi, S.Pd, M.Si, Kepala P3M Amin Kuncoro, SE, MM, Kepala Prodi S-1 Manajemen Drs. Endro Pramono, MM. dan sejumlah dosen. Hadir juga Ketua MGBK Nurul Dyah Fatmawati, S.Pd, Pengawas SMK Kabupaten Pati Dra. Titik Karsiti Nugraheni dan Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 Kabupaten Pati Drs. Nur Basuki.

            Lebih lanjut menurutnya, bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah namun tidak ada biaya, tak perlu berkecil hati. Sebab, pihaknya memberi peluang, lewat jalur Kelas Peduli Kuliah. Jalur ini memfasilitasi lulusan SMA, SMK, dan MA serta Kejar Paket C dari keluarga kurang mampu, atau mahasiswa yang ingin mandiri, membiayai kuliah sendiri. Caranya, mereka akan dilatih bekerja oleh pihak yang berkompeten, kemudian ditempatkan bekerja di sejumlah perusahaan yang melakukan kerja sama dengan      STIE AKA. "Dari sini, mereka akan dapat gaji dan bisa membiayai kuliah sendiri. Kuliah dilakukan pada kelas JSM (Jum'at, Sabtu dan Minggu)," katanya.



Kamis, 12 Sep 2019 KEGIATAN MAHASISWA BARU


Tuliskan Komentar